Aku Pernah Jatuh Cinta

Aku pernah jatuh cinta…

Akhh.. jauh cinta?? Benarkah?

Ya, kalau yang dimkaud ciri-cirinya, seperti: selalu mengkhawatirkannya, ingin membantunya setiap saat, begitu nyaman saat di dekatnya, membuatku tak peduli dengan pria manapun sekalipun ada yang lebih tampan, deg-degan tiap kali bersama, kehadirannya membuatku melambungkan angan tentang bahtera kehidupan masa depan bersamanya, kapan pun dia butuh aku siaga, dan lain-lain.

 

Tapi, pada akhirnya waktu memberiku kesempatan untuk belajar dari ‘kejatuhan’ itu. Bahwa, di belahan bumi manapun yang dinamakan ’jatuh’ tidaklah enak. Jatuh itu sakit, menghancurkan, dan menyisakan luka yang berbekas. Tak peduli bagaimana pun posisimu saat terjatuh.

Aku berterima kasih pada waktu, pada Tuhan, Allah swt, dan pada Muhammad, mungkin juga pada Khalil Gibran, tapi pastinya pada Aisyah binti Abu Bakar. Merekalah sumber inspirasi dan kekuatanku. Mereka yang juga memberiku kesempatan untuk mengerti. Bahwa, ada hal yang jauh lebih indah dari itu (jatuh cinta). Akhirnya, aku rela untuk menanggalkan cinta yang kudapat dari kejatuhan itu. Meski luka dan perihnya tak juga hilang, tapi aku ikhlas (insya Allah) untuk melepas apa yang kusebut dengan ’sakit’, akibat jatuh tersebut.

Sekarang, aku sedang belajar menapaki babak baru. Ini pembelajaran yang lebih sulit dari sekedar mengikhlaskan sakit karena jatuh…

Aku menilik lagi lebih dalam dengan apa yang diwariskan Muhammad: ”Jadikan cinta bukan sekedar sebagai perasaan. Tapi buat ini menjadi pekerjaan. Niscaya akan lebih abadi. Maka jangan hanya jatuh cinta, tapi bangunlah cinta. Niscaya, bangunannya tinggi menjulang menggapai surga.”

Dan aku pun berusaha keras mempelajari cara ’membangun’ ini. Karena yang kutahu, menikahi orang yang kita cintai hanyalah sebuah kemungkinan. Tapi mencintai orang yang kita nikahi adalah sebuah kewajiban.

Aku lebih memilih jalan kewajiban itu, meski sulit…

TAPI BUKANKAH SULIT BUKAN BERARTI TIDAK BISA?

 

Tangerang, 15-5-2009

Tepat tengah malam

Leave a Reply

