Rp30 Miliar untuk Kembangkan 48 Desa Pesisir

Jakarta (13/9/2011) — KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan mengalokasikan Rp30 miliar untuk membiayai pengembangan 48 desa pesisir dari 16 kabupaten/kota di Indonesia pada 2012. Selain itu, masih tambahan ada Rp100 miliar yang diusulkan.

Desa-desa itu merupakan bagian dari 6.640 desa pesisir yang akan dikembangkan melalui program Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT). “Masing-masing desa diperkirakan akan mendapat sekitar Rp625 juta. Jumlah itu masih kecil karena idealnya setiap desa membutuhkan Rp5 miliar,” kata Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K), Sudirman Saad di Jakarta, Selasa (13/9).

Program PDPT ini dikembangkan melalui sistem klaster. Per klaster terdiri dari tiga desa. Sehingga idealnya setiap klaster membutuhkan sekitar Rp15 miliar. “Anggarannya tidak hanya dari KP3K. Bisa juga dari BPSDM (Badan Perencana SDM) KKP,” ujar Sudirman.

Ia menambahkan, rencananya melalui program tersebut juga akan dikembangkan radio komunitas. “Per klaster kita kembangkan radio komunitas. Sehingga ada kompetisi sehat dari ketiga desa (di setiap klaster) untuk saling berbagi perkembangan masing-masing,” ucapnya. (Dini Hariyanti)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s