2012 KKP Siap Sertifikasi Perikanan Organik

Jakarta (16/9/2011) — KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) segera tetapkan sistem sertifikasi produk perikanan organik. “Produk perikana organik baru diperkenalkan. Kami berharap awal tahun depan sistem sertifikasi ini selesai,” kata Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) KKP, Victor Nikijuluw, di Jakarta, Jumat (16/9).

Ia menjelaskan, penetapan pola sertifikasi itu menjadi syarat paling mendasar sebelum upaya penggenjotan produksi ikan organik lainnya dilakukan. Diharapkan kedepannya, produk perikanan organik mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri dan ekspor.

“Produk itu bisa dijual di dalam dan luar negeri. Di dalam negeri dipasarkan di outlet-outlet modern kita (pasar modern). Diharapkan bisa memenuhi kebutuhan nasional supaya impor tidak masuk,” tutur Victor.

KKP berharap produksi ikan organik dalam negeri kian meningkat. “Kita harus bisa produksi di dalam negeri. Kalau produksi bisa meningkat, maka kita bisa (kirim) untuk ekspor,” ucapnya.

Victor menjelaskan, setelah tahap sertifikasi produk selesai berikutnya barulah masuk ke tahap identifikasi. Hal itu bertujuan memilih dan menyaring perusahaan produsen perikanan organik. “Selanjutnya diterukan identifikasi perusahaan-perusahaan mana saja yang bisa memproduksi,” ujar dia.

KKP menyatakan komitmennya untuk memperkenalkan produk perikanan organik terhadap pasar dalam negeri dan melakukan pembatasan impor. Saat ini untuk jenis perikanan organik udang windu yang diekspor Indonesia baru sekitar 350 ton per tahun. Padahal, untuk Jepang saja dibutuhkan ekspor udang sekitar 3.500 ton per tahunnya.

2 thoughts on “2012 KKP Siap Sertifikasi Perikanan Organik

  1. Semoga KKP bergerak cepat ya..Ikan organik saat ini amat dibutuhkan ceruk pasar yg sdh begitu ngeri mengkonsumsi makanan kaya pengawet kimia

  2. sebelumnya maaf komennya baru diapprove skr.
    aminn.. tapi seperti yang kita tahu Indonesia banyak kementerian tapi kerjaannya kurang efektif. Tapi (semoga) KKP tidak termasuk yang minim kinerja y.
    makasi responnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s