Wamenhub Enggan Komentari Tender Kalibaru

Jakarta (16/9/2011) — KEMENTERIAN Perhubungan menyerahkan pelaksanaan tender pelabuhan Kalibaru kepada tim independen sepenuhnya. “Posisi tim (yang mengurusi) Kalibaru itu independen, jadi kalau ada hal teknis jangan tanya ke saya karena saya tidak boleh mengintervensi tim tendernya. Supaya tendernya independen, akuntable dan adil,” kata Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susantono, di Jakarta, Jumat (16/9).

Hal itu diutarakannya menyusul munculnya keberatan PT Pelindo II atas hasil prakualifikasi tender Pelabuhan Kalibaru. Menurut Pelindo II beberapa
perusahaan yang lolos prakualifikasi merupakan perusahaan kecil yang tidak sanggup melakukan pembiayaan 51% dari estimasi nilai proyek Rp
11,7 triliun sesuai ketentuan yang berlaku.

Karena itu, Bambang enggan mengomentari masalah tender pembangunan Kalibaru. Menurutnya, itu adalah lahan kewenangan tim independen bukan Kemenhub.

Selain itu ketika ditanya pendapatnya terhadap usulan penerbitan Perpres khusus Kalibaru, Bambang menyerahkan kepada regulasi yang ada. “Kalau Perpres Kalibaru prinsipnya itu ada kerangka regulasi yang harus diikuti untuk memberi iklim investasi yang baik,” tutur dia.

Namun, dijelaskan Bambang, manakala kerangkanya mensyaratkan tender tapi ada kebutuhan lain yang mendesak maka bisa diajukan kerangka regulasi yang setara. “Kalibaru sudah PQ (Pra Qualification) betul, tapi biarkan tim independen dari interdep ini melakukan tugasnya dulu, biarkan ini berjalan dulu,” ucapnya.

Saat ini PT Pelindo II sudah meminjam dana Rp11 triliun dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) guna mendanai pembangunan proyek yang ditargetkan selesai pada 2014 tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s