Festival Monas Tingkatkan Citra Jakarta

”]

Jakarta (17/9/2011) — WALI Kota Jakarta Pusat (Jakpus), Saefulloh, mengharapkan Festival Monas 2011 dapat semakin meningkatkan citra Jakarta. “Mudah-mudahan dapat mengangkat brand image wisata Jakarta, Wonderful Jakarta dan Enjoy Jakarta,” katanya saat meresmikan pembukaan acara tersebut di lapangan IRTI Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (17/9) malam.

Saefulloh menilai kesadaran masyarakat Jakarta terhadap budaya Betawi saat ini terbilang meningkat. “Bangga atas kesadaran masyarakat dalam melestarikan budaya Betawi melalui festival yang menampilkan beragam budaya ini, sehingga meningkatkan kecintaan terhadap budaya itu sendiri,” ujar dia.

Festival peringatan HUT ke-50 Monas ini diramaikan sekitar 50 band asal Jakarta dan pameran museum. “Pameran museum meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap artefak-artefak bersejarah,” ucap Saefulloh saat meresmikan acara tersebut.

Ia berharap Festival Monas tahun depan lebih semarak. “Nanti akan didatangkan penampilan-penampilan bukan hanya dari domestik tapi juga dari negara-negara yang punya perwakilan di Jakarta Pusat, tidak hanya dari Korea Selatan,” ujar Saefulloh.

“Festival ini diramaikan pameran dari berbagai wilayah seperti Tasikmalaya, Kepulauan Seribu, dan ada perwakilan dari Korea Selatan. Malam ini diserahkan pula 30 set alat kesenian rebana untuk 10 sekolah di Jakarta Pusat,” kata PLT Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, Dewi Susanti selaku perwakilan penyelenggara acara.

Pameran Seni Budaya ini dimulai sejak Jumat (16/9) kemarin. Tahun ini adalah kali ketiga Festival Monas diselenggarakan. Sekitar 25 stan pameran kebudayaan dalam festival ini digelar hingga akhir pekan, Minggu (18/9) mendatang. Peresmian dimulainya kegiatan ditandai dengan pemukulan alat musik bungo oleh Wali Kota Jakpus.

Festival Monas merupakan hajat tahunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Pemkot Adm Jakarta Pusat. Turut andil pula dalam acara ini Enjoy Jakarta, Bemmagz dan beberapa pihak lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s