Target 2011, Cetak 500 Instruktur TKI

Jakarta (5/10/2011) — TAHUN ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) targetkan mencetak sekitar 500 instruktur pelatih tenaga kerja di daerah. “Sampai saat ini yang sudah terealisasi mencapai empat ratusan orang,” kata PLT Direktur Instruktur dan Tenaga Pelatihan Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalatas), Salsa Mulyata, di Jakarta, Rabu (5/10).

Masih dari penjelasannya, kualifikasi para instruktur dibuat pemerintah daerah bersangkutan. Intinya, setiap pelatihan menggennjot dua bidang keahlian yakni teknis dan metodologi.

Masing-masing instruktur dididik dalam diklat dasar selama sembilan bulan sesuai minatnya. Saat ini tersedia sebelas kejuruan yang bisa mereka dalami. Yaitu, teknologi mekanik, bangunan, listri, otomotif, aneka kejuruan, tata niaga, pertanian, produktivitas, balatrans PSM, bahasa asing, dan perikanan.

Setidaknya ada dua kejuruan yang butuh perhatian serius, yakni bahasa asing dan perikanan. Sebab bidang kejuruan tersebut nyaris tak ada instrukturnya. “Bahasa asing yang ada itu hanya bahasa Inggris. (Perikanan dan bahasa) minim instruktur karena mungkin tak banyak yang tertarik akibat tunjangannya kecil,” tutur Salsa saat ditemui di kantor Kemenakertrans.

Berdasar keterangannya, belum dapat diketahui pasti penyebab banyaknya bidang kejuruan yang minim SDM. Sebab, Kemenakertrans menyediakan pelatihan sesuai permintaan dan kebutuhan yang disampaikan daerah.

“Pada 2012, akan diusahakan bagi BLK (Balai Latihan Kerja) yang memiliki instruktur tapi tak punya ada memadai untuk dilengkapi,” ucapnya. Tujuannya agar tak terjadi gape antar unsur pelatihan, yakni program, SDM instruktur, dan peralatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s